Tips

Wajib Dicoba! Cara Mudah Parkir Mobil Di Perkotaan Agar Aman

Dikota-kota besar tingkat keamanannya masih minim, masih sering sekali terdengar tindak kriminalitas salah satunya pencurian motor maupun mobil. Sebagai pecinta otomotif, meningkatkan keamanan kendaraan merupakan hal utama yang wajib dilakukan. Hal ini bukan semata untuk kepentingan pribadi, namun juga untuk mengurangi tingkat kejahatan yang meresahkan masyarakat.

Black car parking in line outdoor

Hidup di kota besar memang menimbulkan masalah tersendiri, salah satunya saat akan parkir mobil. Terutama saat parkiran penuh, Anda harus mencari tempat yang aman untuk parkir mobil, bahkan Anda harus memarkir mobil Anda dipinggir jalan, hal ini mengakibatkan Anda merasa tidak nyaman saat meninggalkan mobil begitu aja dipinggir jalan. Hal tersebut diakibatkan tingkat keamanan di kota besar masih minim. Lalu, bagaimana agar parkir di kota besar tetap aman? Baiklah, pada ulasan kali ini, akan memberikan beberapa tips mudah parkir di perkotaan supaya mobil tetap aman. Simak ulasan lengkapnya.

Immobilizer

Pada mobil baru, hampir semua mobil sudah dilengkapi oleh fitur keamanan immobilizer, tetapi juga ada beberapa mobil yang belum memakai fitur terebut. Untuk menanggulanginya, Anda sebagai pemilik mobil dapat menambahkan sendiri fitur tersebut yang tersedia di bengkel resmi atau bengkel ternama lainnya disekitar tempat tinggal Anda. Cara kerja immobilizer tersebut dengan memakai kode pada transponder anak kunci. Kode tersebut harus sama dengan kode yang ada di ECU kendaraan. Jika tidak sesuai maka mesin mobil tidak akan menyala, walau rumah kunci starter di bandrek menggunakan “kunci T” dan cairan setan yang kerap kali digunakan oleh pencuri.

Baca juga :  Tips Sederhana Merakit Kapasitor Audio Mobil dengan Aman

Memilih Area Parkir

Tips selanjutnya untuk parkir di perkotaan yakni, dengan memilih lokasi parkir yang tepat. Memilih lokasi parkir pun adalah salah satu cara parkir mobil yang aman dari pencuri maupun bersenggolan dengan kendaraan lainnya. Memilih lokasi parkir yang benar juga tidak akan mengganggu pengendara lain maka dari itu sangat disarankan pilihlah lokasi parkir ditempat luas. Jangan sekali-kali parkir ditempat sempit, di tikungan atau zona yang dilarang parkir bahkan di zebra cross. Pastikan tempat parkir sesuai dengan dimensi mobil Anda.

Menggunakan Alat Bantu Parkir

Tak hanya imobillizer saja yang mampu memberikan keamanan aat parkir, nampaknya pada beberapa mobil telah dilengkapi beberapa fitur canggih seperti, sensor parkir serta kamera parkir. Sensor parkir tersebut biasanya di taruh dibagian bumper luar bagian belakang, ada juga mobil yang dilengkapi sensor parkir pada bagian bumper depan. Gunanya jika ada objek yang semakin dekat dengan sensor, maka secara otomatis sensor akan berbunyi semakin kencang, sementara untuk kamera parkir bermanfaat untuk mendeteksi objek yang berada didekat mobil Anda.

Jangan Meninggalkan Mobil Dalam Keadaan Mesin Menyala

Salah satu penyebab terjadinya pencurian mobil diparkiran adalah ketika Anda meninggalkan mobil dalam keadaan mesin masih menyala, meskipun Anda hanya parkir untuk keperluan tidak terlalu lama, alangkah baiknya mesin mobil tetap diamatikan dan kunci pintunya, hal ini dalam upaya untuk menghindari pencurian mobil.

Pastikan Kondisi Mobil Siap Ditinggalkan Saat Parkir

Sebelum meninggalkan mobil saat hendak diparkir, usahakan Anda memastikan terlebih dahulu kondisi mobil anda, pastikan pintu mobil tertutup rapat, kaca mobilpun juga dalam kondisi tertutup. Jika pintu mobil tertutup tidak terlalu rapat, maka alarm otomatis tidak akan berfungsi. Ini akan mempermudah pencuri dalam mencuri mobil Anda dengan cara mencongkelnya.

Baca juga :  Cari Desain Stiker Mobil? Pakai Aplikasi Ini!

Asuransikan Mobil

Mengasuransikan mobil memang bukan alternative utama dalam mencegah pencurian mobil. tetapi paling tidak meminimalisir kerugian keuangan yang terjadi akibat dari pencurian mobil. Cara asuransinya tidak jauh berbeda dengan cara klaim asuransi mobil lecet, jadi anda tidak perlu khawatir dengan anggapan proses asuransi lebih ribet dari klaim mobil lecet.

Nah, demikian tips mudah parkir di perkotaan agar mobil Anda aman dari tindak kejahatan, dengan tips di atas diharapkan bisa mengurangi pencurian mobil meskipun sebenarnya pencurian tidak dapat Anda hindari tetapi paling tidak dapat menguranginya. Selamat mencoba tipsnya dan semoga bermanfaat, serta kita semua selalu dilindungi dari tindak kejahatan.

Leave a Comment