Tips

Tips Memilih Audio Mobil

Salah satu aksesoris kendaraan roda empat yang mungkin direkomendasikan adalah audio mobil. Alasannya tentu saja karena dapat meningkatkan kenyamanan mobil Anda, terutama apabila Anda merupakan pengguna mobil yang setiap harinya menempuh jarak cukup jauh atau melewati kemacetan, musik di mobil Anda akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman.

Namun dalam memasang aksesoris kendaraan yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan saran sebelum Anda memasang audio tambahan pada mobil Anda. Apa saja? Ini ulasannya.

1. Pilih Head Unit Berkualitas dan Sesuai Kebutuhan Anda

Head unit merupakan pusat kontrol dari audio kendaraan Anda nantinya. Oleh karena itulah, Anda wajib memilih head unit yang berkualitas dan juga pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Head unit memiliki harga yang bervariatif sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Nah salah satu fitur yang wajib ada adalah fitur time alignment.

Fungsi dari fitur ini adalah untuk menyesuaikan arah suara agar dapat didengar secara bersamaan di berbagai sudut. Fitur active crossover juga wajib ada untuk memotong batas frekuensi yang ingin dikeluarkan. Fitur lainnya yang wajib ada adalah front, rear, dan RCA pre out. Anda juga harus memilih head unit yang ukurannya sesuai ukuran dasbor mobil atau harus menambah frame.

Selain fitur internal diatas, Anda juga bisa memilih head unit dengan fitur spesifikasi seperti adanya layar touchscreen, dukungan usb dan lainnya sehingga tidak hanya akan bermafaat sebagai perangkat audio saja namun juga berfungsi sebagai oerangkat hiburan atau entertainment system.

Baca juga :  Rekomendasi Processor Audio Mobil Yang Akan Membuatmu Enjoy di Jalanan

2. Ganti Speaker Bawaan

Umumnya mobil keluaran sekarang sudah dilengkapi speaker dari pabrik. Meskipun memiliki penampilan menarik, namun suara yang dihasilkan mungkin tidak memenuhi ekspetasi Anda. Oleh karena itu, Anda juga wajib mengganti dengan speaker aftermarket. Ada dua jenis speaker aftermarket yang bisa dipilih, yaitu split dan coaxial.

Untuk kejernihan suara dan staging, speaker split sangat direkomendasikan. Namun, di sisi harga dan juga kemudahan pemasangan, speaker coaxial lebih direkomendasikan karena selain murah, praktis, speaker jenis ini juga hanya memiliki satu kendali.

3. Sesuaikan Dengan Selera Musik Anda

Ada beberapa jenis audio mobil yang bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda yakni SQ, SPL, dan SQL. Untuk Anda yang merupakan penggemar musik bergenre musik jazz atau klasik, maka jenis SQ (Sound Quality) adalah pilihan yang terbaik terbaik karena ungguo di segi kejernihan dan kedalaman suara.

Untuk Anda yang menyukai musik dengan genre seperti rock yang memiliki suara keras, bulat, dan dentumannya kuat maka Anda bisa memilih audio berjenis SPL (Sound Pressure Level). Hanya saja budget yang harus Anda keluarkan juga lebih besar. Selain itu, ada pilihan SQL (Sound Quality Level) yang merupakan kombinasi dari kedua jenis audio tersebut.

4. Pilih Jenis Frekuensi Speaker

Selain jenis suara yang dikeluarkan, Anda juga perlu memilih jenis frekuensi speaker. Ada dua jenis yang paling populer yakni HPF/LPF. Untuk jenis subwoofer merupakan pilihan frekuensi audio mobil yang cocok untuk menghasilkan suara bass yang kuat dan juga seimbang. Sementara untuk speaker hanya cenderung mengeluarkan nada vokal.

5. Pertimbangkan Budget Anda

Setelah Anda memilih spesifikasi audio yang hendak Anda install atau pasangkan ke kendaraan Anda, hal yang selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah sesuaikan dengan budget Anda, oasalnya perangkat audio mobil sangat variatif mulai dari yang murah hingga yang paling mahal sekalipun juga tersedia. Jadi ada baiknya jika Anda melakukan survey terlebih dahulu.

Baca juga :  Ampuh! Menghilangkan Bau pada Cabin Mobil dengan Memanfaatkan Aroma Kopi

6. Jangan Lupa Lakukan Tes Suara

Setelah memilih perangkat yang sesuai, selanjutnya Anda harus melakukan tes suara. Caranya adalah dengan memastikan nada bass terdengar di bagian depan peranti. Selanjutnya, periksa nada rendah ke tinggi dengan memutar volume dari kanan dan kiri secara bergantian. Apabila dirasa tidak ada masalah, maka Anda sudah selesai dengan pilihan audio kendaran Anda.

Itulah beberapa tips dalam memilih dan juga membangun audio system di kendaraan roda empat Anda. Memang awalnya akan terlihat rumit, namun Anda akan dibantu dari pilihan bengkel audio yang direkomendasikan di kota Anda.

Leave a Comment