Tips

Power Audio Mobil, Inilah Tips dan Cara Memilihnya

Saat perjalanan jarak jauh dan keadaan jalanan yang sesak, seringkali membuat kita jenuh dan tidak bisa menikmati perjalanan kita. Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mengusir kejenuhan kita. Namun, terkadang musik yang dihasilkan pada audio bawaan mobil kurang memuaskan. Jika begitu, solusinya anda bisa menggunakan power audio mobil tambahan. 

power audio mobil

Namun, ketika anda ingin membeli power audio tentu tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli power audio mobil supaya suara yang dihasilkan lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk kalian yang ingin membeli power audio supaya tidak menyesal di kemudian hari.

1. Perhatikan Jenis Amplifier 

Secara umum, amplifier terdiri dari dua jenis yaitu stereo dan mono. Amplifier stereo memiliki dua saluran input dan output, sedangkan amplifier mono hanya memiliki satu saluran input dan output. Hal ini berkaitan dengan budget serta kenyamanan anda. 

Amplifier stereo bisa menembakkan suara dari dua arah yang berlawanan sekaligus, dan suara yang dihasilkan juga lebih keras dan suaranya bisa menjangkau semua sudut – sudut mobil karena terdapat dua buah speaker yang mengeluarkan suara secara bersamaan.’

Namun, jika anda tidak terlalu suka dengan suara yang terlalu keras, anda bisa memilih amplifier dengan jenis mono karena suara yang dihasilkan hanya dari satu speaker dan terpusat pada satu titik saja dimana speaker tersebut diletakkan. Jadi anda lebih leluasa untuk mengaturnya 

Baca juga :  Awas! Dampak Buruk Penggunaan Air Mineral pada Radiator Mobil

2. Fitur yang ditawarkan

Semakin lengkap fitur yang ditawarkan biasanya harga sebuah power audio akan menjadi lebih mahal. Namun, jika anda tidak mampu untuk membeli power audio dengan fitur yang lengkap, anda bisa membeli sebuah power audio yang memiliki fitur standar lebih dulu. Beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan antara lain seperti equalizer, time alignment, amplifier dan teknologi touch screen. 

3. Frekuensi Speaker 

Terdapat dua frekuensi mobil paling populer yaitu High Pass Filter (HPF) dan Low Pass Filter (LPF). Jika anda menginginkan suara dengan dentuman bass yang lebih menonjol anda bisa memilih power audio yang berfrekuensi rendah atau Low Pass Filter (LPF), namun jika anda menginginkan yang sebaliknya anda bisa memiliki power audio yang memiliki frekuensi tinggi atau High Pass Filter (HPF). 

4. Lakukan Pengujian Suara Sebelum Membeli 

Pengujian suara sangat penting dilakukan karena tujuan utama anda membeli power audio adalah memperbaiki kualitas audio yang ada di mobil. Dan satu – satunya cara untuk mengetahui apakah kualitas suara yang ditawarkan cocok dengan telinga anda hanyalah dengan mendengarkannya secara langsung. 

Ciri – ciri power audio yang bagus adalah bisa memberikan suara yang pas dan nyaman untuk telinga kita. Biasanya power audio yang bagus akan menghasilkan suara vokal yang tepat di tengah, lalu suara instrumen yang mendekati suara aslinya, kalau bass terdengar berada di depan bukan di belakang. 

Anda bisa mencobanya dengan memutar salah satu musik kesukaan anda, lalu atur balance-nya dan dengarkan, apakah sudah pas atau belum. 

5. Pertimbangkan untuk memilih brand terkenal 

Brand adalah representasi dari sebuah produk. Brand yang baik akan lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Hal ini penting untuk dipertimbangkan, khususnya untuk seorang pemula yang tidak begitu mengerti dengan power audio mobil. Dengan mempertimbangkan untuk memilih brand terkenal, kualitas dan ketahanan akan lebih terjamin, begitu pula dengan garansi service center-nya yang terjamin. Namun, untuk mendapatkan power audio dari brand terkenal anda memerlukan effort 

6. Pertimbangkan Budget 

Berapa budget yang anda telah siapkan? Beberapa power audio mobil dibandrol dengan harga tinggi, terlebih untuk brand terkenal. Pastikan anda memiliki dana yang cukup untuk membeli power audio yang anda dambakan. Namun, jika ternyata dana yang anda miliki belum cukup, anda bisa menyimpan lebih dulu uang tersebut atau membeli power audio satu persatu hingga lengkap. Ketika semua bagian telah terkumpul, anda bisa memasangnya

Baca juga :  Rekomendasi Processor Audio Mobil Yang Akan Membuatmu Enjoy di Jalanan

Itulah beberapa tips memilih power audio mobil yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli dan memasangnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang mungkin berencana untuk melakukan pembelian power audio untuk mobil kesayangan anda. 

Leave a Comment