Tips

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Mobil yang dipasangi AC akan membuat udara di dalamnya menjadi dingin dan tidak pengap. Namun, kamu harus tetap ingat bahwa AC yang digunakan secara terus menerus bisa mengalami penurunan kinerja sehingga membuatnya menjadi tidak dingin lagi. Apa saja penyebab AC mobil tidak dingin? Berikut ini adalah pembahasannya. 

penyebab AC mobil tidak dingin

1. Freon Habis / Kurang 

AC adalah salah satu piranti terpenting yang ada di dalam mobil. Jika tiba – tiba AC mobil-mu tidak dingin mungkin freon-nya habis atau kurang. Freon bisa habis atau kurang biasanya disebabkan karena sambungan masalah kebocoran pada pipa, shaft dan relief valve di kompresor. Jika ini terjadi pada mobil anda, maka sebaiknya langsung diisi ulang. 

2. Fan Belt Putus

Jika fan belt putus, jelas saja AC anda tidak dingin karena komponen kompresor pada AC tidak akan bisa berputar. Hal tersebut menyebabkan kondensor tidak bekerja secara maksimal sehingga menyebabkan AC mobil tidak dingin karena freon-nya tidak bekerja secara maksimal. Fan belt bisa putus biasanya dikarenakan usia atau mesin yang terlalu panas. Jika anda tidak ingin ini terjadi lagi, sebaiknya ganti saja fan belt anda dengan kualitas terbaik. 

3. Mesin Overheat

Mesin yang overheat bisa membuat kompresor dan cairan freon ikut memanas. Jika hal itu dibiarkan, maka freon akan mengalami penurunan fungsi secara terus menerus, akibatnya AC anda menjadi tidak dingin lagi atau udara yang keluar malah bukan udara dingin lagi, melainkan malah udara panas, bahkan mati. 

Baca juga :  Mobil Cutting Sticker, Perhatikan Ini Sebelum Ikuti Trendnya!

Jika ini terjadi pada mobil anda, ada beberapa solusi yaitu 

  1. Ganti oli
  2. Tune up mesin 
  3. Ganti sparepart 

4. Rusaknya Magnet Clutch 

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah Magnet Clutch yang tidak dingin. Jika magnet clutch telah rusak, maka tidak ada lagi yang mengatur putaran mesin supaya kompresor bisa berputar dengan maksimal. Jadi AC yang ada di mobil anda juga tidak akan bekerja secara optimalAda beberapa penyebab kenapa magnet clutch bisa rusak yaitu 

  1. Kualitas buruk 
  2. Overheating 
  3. Daya listrik kurang

Jika anda mengalami masalah tersebut, maka cara yang bisa dilakukan supaya AC anda dingin kembali adalah dengan mengganti magnet clutch-nya dan pastikan anda menggunakan kualitas terbaik 

5. Motor Extra Fan Mati 

Benda tersebut berfungsi sebagai kondensor, jadi ketika Extra Fan mati, proses kondensasi pada mobil tidak akan berjalan dengan lancar. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Untuk memastikan apakah Extra Fan anda mati atau tidak, anda bisa mengeceknya dengan membuka kondensor. Lihatlah, apakah berputar atau tidak. Jika tidak, maka segeralah perbaiki atau menggantinya. 

6. Evaporator Kotor

Jika evaporator kotor, maka bisa membuat udara yang diteruskan keluar menjadi terhambat. Hal tersebut membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Sehingga AC anda menjadi tidak dingin. Untuk mengeceknya anda bisa membuka filter AC secara perlahan dan mulailah untuk membersihkan. 

Jika anda takut dan tidak bisa membersihkannya sendiri karena khawatir bermasalah pada komponen lainnya, anda bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat dengan lokasi anda sekarang. 

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Apakah anda sudah menemukan dimana letak permasalahannya? Jika sudah, kami sarankan langsung diperbaiki saja, karena kerusakan komponen tersebut bisa saja merambat ke komponen lainnya dan semakin parah. Jika anda tidak bisa memperbaikinya sendiri, segera bawa ke bengkel mobil terdekat. 

Baca juga :  Kenali Ciri – Ciri Freon AC Mobil yang Habis dan Cara Mengatasinya Supaya AC Mobil Anda Tetap Dingin

Leave a Comment