Tips

Kenali Ciri – Ciri Freon AC Mobil yang Habis dan Cara Mengatasinya Supaya AC Mobil Anda Tetap Dingin

Freon adalah elemen utama dan terpenting pada sebuah AC. Freon merupakan gas pendingin udara yang keluar dari ventilasi AC. Jika freon AC mobil habis, sudah pasti AC mobil anda tidak akan bisa dingin lagi. Salah satu penyebab kenapa gas freon bisa habis adalah karena kebocoran. Namun kebocorannya sangat sulit terdeteksi. 

freon AC mobil

Pasalnya, AC tidak dingin itu penyebabnya kompleks bukan hanya karena freon AC yang sudah habis. Ada beberapa orang yang terkecoh akan hal ini, saat AC nya sudah tidak dingin, lalu memutuskan mengisi freon, ternyata freon-nya masih penuh. Supaya tidak terjadi hal serupa lagi, berikut ini kita beritahu ciri – cirinya ketika freon AC sudah habis. 

Ciri – Ciri Freon AC Mobil Habis

1. AC Mobil Mengeluarkan Angin Namun Tidak Dingin 

Normalnya, ketika anda menyalakan AC mobil, harusnya udara bisa berhembus dari ventilasi dalam sekejap dan menjadi dingin berdasarkan suhu yang telah anda atur. Namun, jika freon ac di mobil anda habis, mau di-set ke suhu paling rendah pun tidak akan menjadi dingin meskipun semua komponen AC menunjukkan kinerja yang baik. Angin pada AC tetap berhembus namun tidak dingin. 

2. Kompresor tetap bekerja secara terus menerus saat AC dinyalakan 

Normalnya, kompresor akan bekerja ketika saklar AC dinyalakan dan akan berhenti ketika tekanan freon mencapai titik maksimal. Hal ini bisa terjadi karena saat freon habis karena bocor, selang AC mobil akan dipenuhi udara. Jika dibandingkan dengan freon, udara jauh lebih mudah dikompresi, maka saat itu juga ketika freon anda habis kompresor mobil anda sudah bukan memompa freon lagi melainkan hanya udara biasa. 

Baca juga :  Begini Cara Merawat Electronik Power Steering Agar Awet

Karena sifat udara yang mudah dikompresi, maka akan sangat susah untuk mencapai tekanan pada titik maksimal, sedangkan pressure switch tidak bisa memutuskan magnetic clutch pada tekanan rendah. Freon memiliki sifat yang lebih padat sehingga lebih sulit terkompresi dan bisa mencapai titik high pressure lebih cepat dan maksimal 

3. Tidak ada embun pada selang low pressure 

Pada kompresor AC mobil, terdapat dua buah selang yaitu high pressure dan low pressure. Untuk selang high pressure bentuknya lebih kecil dari selang low pressure arahnya dari arahnya dari kompresor menuju kondensor. Sedangkan untuk selang low pressure, bentuknya lebih besar dan mengarah dari evaporator menuju kompresor. 

Jika AC anda normal, maka akan teradapat embun pada selang low pressure. Embun tersebut bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu antara selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin mobil yang panas. Jika hal tersebut tidak terjadi, maka bisa dipastikan gas freon anda habis. 

4. Tidak terdapat freon di sight glass

Sight glass adalah sebuah kaca transparan yang memiliki fungsi untuk melihat sirkulasi freon yang ada di dalam AC. Benda ini biasanya terdapat pada dryer atau filter freon. Ketika mesin mobil anda menyala, cobalah lihat melalui sight glass, ketika freon masih ada maka akan terdapat seperti cairan mengalir, namun jika freon sudah habis tidak akan ada apa – apa yang mengalir. 

Itulah beberapa ciri yang bisa menandakan bahwa freon AC mobil anda habis. Jika memang freon anda sudah habis, satu – satu nya cara yang bisa membuat AC anda tetap dingin adalah dengan menggantinya. Anda bisa mengganti gas freon tersebut ke bengkel mobil terdekat. 

Baca juga :  Parameter Spesifikasi Kaca Film Mobil yang Harus di Perhatikan Sebelum Membeli

Leave a Comment