Tips

Parameter Spesifikasi Kaca Film Mobil yang Harus di Perhatikan Sebelum Membeli

Kaca film mobil adalah salah satu aksesoris mobil yang penting untuk dipasang pada mobil anda supaya terlihat lebih menarik. Jika anda sedang mencari kaca seperti apa yang cocok untuk mobil anda dan pastinya berkualitas, maka anda ada di tempat yang pas karena kita akan membahasnya di artikel ini. 

kaca film mobil

Seperti halnya kulit di tubuh kita yang memerlukan tabir surya untuk melindungi dari paparan terik matahari supaya tidak kusam, mobil pun sama. Namun, bukan tabir surya yang digunakan, melainkan kaca film yang memiliki fungsi untuk menangkal sinar UV dan Infrared yang bisa membuat kabin mobil kita kusam. 

Untuk bisa berfungsi dengan maksimal, sebuah kaca film juga harus mempunyai spesifikasi yang pas. Semakin tinggi spesifikasinya maka akan semakin bagus dan akan semakin nyaman untuk digunakan. Namun beberapa orang masih bingung dalam menentukan pilihan kaca film mana yang cocok untuk mobil mereka dan kebutuhan mereka. 

Terkadang seseorang hanya memilih berdasarkan brand. Semakin brand tersebut mempunyai nama, maka akan semakin mahal pula harganya. Namun, untuk spesifikasi yang ditawarkan biasanya akan lebih rendah dibandingkan brand di bawahnya. Lalu setelah dipasang dan dibandingkan dengan brand lain di bawahnya yang spesifikasinya lebih tinggi, mereka malah menyesal. 

Atas dasar hal tersebutlah, maka penting untuk memperhatikan spesifikasi kaca film sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai parameter – parameter tentang spesifikasi kaca mobil sebelum membelinya

1. UVR (Ultraviolet Rejection) 

UVR adalah parameter untuk kemampuan seberapa besar sebuah kaca mobil bisa menangkal sinar UV (Ultra Violet). UVR umumnya diukur dalam bentuk persen, semakin tinggi persentasenya, maka kemampuannya untuk menangkal sinar ultraviolet menjadi semakin besar. 

Baca juga :  Tips Coating Mobil dengan Mudah dan Cepat! Bisa di Lakukan Sendiri di Rumah

Dengan begitu, kulit anda juga akan terasa lebih nyaman, begitupun dengan dashboard dan jok anda, barang – barang tersebut tidak akan menjadi mudah pudar. Suhu mobil yang awalnya sangat panas, juga bisa berkurang dengan UVR. Jika pun anda telah menggunakan AC, UVR akan membuat energi yang dikeluarkan oleh AC anda menjadi tidak terlalu terforsir. 

2. VLT (Visible Light Transmite) 

VLT adalah salah satu parameter kaca film mobil untuk melihat seberapa besar cahaya yang bisa diteruskan ke dalam kabin. Semakin besar cahaya yang bisa diteruskan ke dalam mobil, maka semakin jelas pengendara melihat apa yang ada di luar mobil. VLT juga diukur dalam persen. Sebagai contoh jika sebuah kaca film memiliki VLT 70%, berarti kaca tersebut memiliki tingkat kegelapan sebesar 10 – 15 % dan jika VLT nya 5%, maka kegelapannya bisa mencapai 80%.

3. TSER (Total Sonar Energy Rejected)

TSER adalah parameter untuk mengukur total energi yang bisa ditangkis untuk tidak masuk ke dalam mobil. Satuan TSER juga dalam persen, semakin besar persentasenya, maka akan semakin besar pula energi yang ditangkis dan artinya kabin anda akan semakin adem. 

4. IRR (Infrared Reflecrance/Rejected)

Spesifikasi kaca film yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah IRR. IRR menjadi parameter kemampuan kaca film mobil dalam menangkal sinar infrared. Semakin besar persentasenya, maka akan semakin besar kemampuannya dalam menangkal sinar infrared. 

Itulah beberapa spesifikasi kaca film mobil yang harus anda perhatikan sebelum membelinya. Bagaimana? Apakah anda sudah terbayang akan membeli kaca mobil dari brand apa dan yang seperti apa. Setiap brand pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, terlebih soal spesifikasi.  

Baca juga :  Tips Menguras Tangki Bensin Pada Mobil Kesayangan

1 Comment

Leave a Comment