Tips

Jenis Stiker Mobil dan Cara Merawatnya

Salah satu cara untuk memberikan modifikasi ringan untuk kendaraan roda empat kita adalah dengan memberi atau menempelkan stiker mobil. Selain akan memberi suasana baru pada kendaraan Anda, pemberian stiker ini ternyata sering juga dimanfaatkan untuk menutupi goresan ringan pada bodi kendaraan. Tentu stiker menjadi aksesoris yang serbaguna bukan?

stiker mobil

Namun, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih stiker yang akan ditempelkan pada bodi kendaraan Anda. Berikut ada beberapa tips cara menempelkan stiker mobil berupa cutting sticker dan bagaimana cara merawatnya.

1. Cek kualitas cat mobil

Tips pertama sebelum melakukan proses pemasangan cutting sticker adalah mengecek terlebih dahulu kualitas cat mobil Anda. Umumnya cat yang masih asli tak akan terganggu jika dipasangi sticker, namun bila Anda sudah pernah melakukan cat ulang yang tidak menyeluruh ada kemungkinan cat akan terkelupas bila sticker dilepas nantinya.

2. Pilih jenis cutting sticker yang berkualitas

Alasannya, cutting sticker mobil yang Cutting Mobil memiliki kualitas tinggi perekatnya tidak membuat rusak cat mobil jika dilepas. Umumnya salah satu ciri sticker berkualitas adalah lemnya tidak berbau alias netral, warna lebih cerah dan kuat serta bisa bertahan hingga lima tahun.

3. Rekomendasi stiker mobil

Beberapa merk atau jenis bahan yang direkomendasikan untuk stiker mobil mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Beberapa rekomendasinya antara lain:

Baca juga :  Cari Desain Stiker Mobil? Pakai Aplikasi Ini!

1. Ritrama

Ritrama adalah merk stiker asal Italia yang banyak digunakan di Indonesia. Alasannya karena memiliki beragam varian produk, mulai yang standar hingga stiker ramah lingkungan, Ritrama juga memiliki grade yang berbeda-beda. Untuk stiker berbahan vinyl, Ritrama memyediakan 3 jenis yang mengikuti standar internasional.

Untuk jenis Vinyl Monomeric dikhususkan untuk permukaan datar saja karena tidak elastis, kedua adalah Vinyl Polimeric yang lebih lentur dan dapat digunakan untuk permukaan melengkung, kemudian yang terakhir Vinyl Cast yang berkualitas tinggi. Jenis terakhir ini lah yang umum digunakan untuk branding mobil, striping, dan decal.

2. Oracal

Selanjutnya ada Oracal yang merupakan merk dagang dari ORAFOL, perusahaan asal Jerman. Oracal memiliki beragam varian produk stiker yang handal dan sangat berkualitas. Bahkan ada yang mengatakan jika Oracal merupakan produk terbaik di dalam industri tersebut saat ini. Oracal juga memiliki stiker berbahan stiker vinyl yang sangat lentur, dan memiliki daya tahan tinggi.

Stiker Oracal banyak digunakan untuk beragam kebutuhan mulai dari cetak stiker biasa hingga cetak stiker untuk kendaraan bahkan untuk decal kapal sekalipun.

Dua jenis stiker diatas adalah beberapa rekomendasi untuk merk cutting stiker. Namun, ada juga beberapa rekomendasi lainnya seperti Scotchlite, Glittre, D-Cifix, dan Kodak Paper. Anda bisa memilih mana yang tersedia di bengkel aksesoris atau decal di lokasi Anda.

4. Cari toko aksesoris mobil yang lengkap

Selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah mencari bengkel aksesoris yang menyediakan secara lengkap jenis stiker berkualitas tersebut. Tak hanya itu saja, ada baiknya jika Anda turut memperhatikan proses pemasangan stiker atau melihat hasilnya. Pastikan proses dan hasil pemasangan tersebut rapi sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga :  Cara Bayar Pajak Mobil Online dengan Aplikasi SALMONAS

5. Cari referensi stiker mobil terbaik

Tips yang tidak kalah penting lainnya yang mungkin bisa Anda lakukan adalah mencari referensi model atau desain stiker yang ingin Anda pasangkan pada kendaraan roda empat Anda. Apakah itu memiliki desain decal racing atau decal yang sudah jadi di bengkel. Barulah Anda sampaikan ide Anda ke pihak bengkel apakah menyediakan custom cutting sticker atau tidak.

6. Hindari parkir kendaraan di luar

Hal terakhir yang perlu diperhatikan setelah memasang cutting sticker adalah jangan terlalu sering memarkirkan kendaraan outdoor atau di luar ruangan terlalu lama. Apalagi jika terkena terik sinar matahari langsung. Jika ini terjadi, maka nantinya cat body yang tidak tertutup stiker akan menjadi lebih kusam ketimbang yang tertutup stiker apabila dilepas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memasang stiker mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan modifikasi ringan dengan menempelkan stiker pada bodi kendaraan Anda sehingga kendaraan Anda tampak berbeda dengan yang lain. Selamat mencoba.

Leave a Comment