Tips

Tips Memilih dan Menawar Mobil Bekas Incaran

Memiliki mobil impian memang tidak selalu harus dengan membeli mobil baru. Terkadang tidak menjadi masalah untuk kit membeli mobil bekas. Hanya saja untuk mobil bekas yang masih tergolong baru harganya juga mungkin masih dianggap mahal. Nah berikut ini ada tips mengenai cara menawar mobil bekas. Semoga tipsnya dapat bermanfaat untuk Anda.

1. Apa Saja Fitur Yang Anda Inginkan

Meski Anda mencari mobil bekas mungkin Anda juga menentukan apa saja fitur yang diinginkan untuk kendaraan impian Anda. Dari situ Anda bisa memperkirakan budget sesuai dengan harga pasaran kendaraan impian Anda. Tanpa adanya target, Anda akan merasa kesulitan untuk menentukan berapa harga yang bisa Anda keluarkan, apakah sesuai atau tidak.

2. Survey Harga

Selanjutnya untuk cara menawar mobil bekas adalah Anda terlebih dahulu survey harga kendaraan yang sudah Anda sesuaikan fiturnya diatas. Anda bisa mencari setidaknya dua hingga tiga kendaraan dan mencatat harganya. Apabila Anda sudah menemukan yang sesuai dengan harga yang bisa Anda bayar, maka Anda bisa menanyakannya.

Survey harga bisa Anda lakukan baik secara online maupun offline dengan mencari harga di bazar kendaraan. Harga inilah yang akan menjadi dasar untuk Anda menilai kendaraan lain apakah harganya cenderung lebih mahal atau mungkin lebih murah. Namun hal ini bukan satu-satunya pertimbangan untuk memastikan kendaraan tersebut layak beli atau tidak.

3. Cek Kondisi Fisik Kendaraan

Hal yang sulit dari cara menawar mobil bekas adalah Anda harus memiliki kemampuan untuk mensurvei atau mengecek kondisi kendaraan yang akan Anda beli. Apabila harganya sedikit lebih mahal dari harga kendaraan yang Anda survey namun memiliki kondisi yang baik maka pertimbangannya bukan ada pada harga yang termurah.

Baca juga :  Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kondisi fisik kendaraan ini bisa membuat harga kendaraan sedikit lebih berkurang. Cek kondisi fisik baik dari segi eksterior maupun sisi interiornya. Mungkin dengan cara menawar mobil bekas ini Anda bisa mendapatkan sedikit potongan dan yang pasti jangan sampai merugi.

4. Minta Test Drive

Untuk cara menawar mobil bekas selanjutnya adalah dengan meminta melakukan test drive. Apabila kendaraannya Anda rasa cocok, maka untuk sisi ini Anda bisa oke. Namun apabila kendaraannya memiliki sedikit kekurangan, Anda mungkin bisa tetap mempertimbangkan untuk membelinya dengan pertimbangan Anda harus menghitung biaya perbaikannya.

Biaya perbaikannya inilah yang bisa Anda gunakan untuk menawar harga kendaraan yang Anda incar agar lebih murah lagi. Namun apabila Anda tidak begitu paham mengenai mesin, ada baiknya Anda menghindari cara ini dengan mencari kendaraan dengan kondisi mesin yang baik saja.

5. Pastikan Kelengkapan Surat Kendaraan

Apabila kendaraan yang ditawarkan memiliki kondisi yang baik namun memiliki harga yang murah atau dibawah hasil survey Anda, maka Anda patut curiga. Hal yang perlu Anda cek sebagai salah satu cara menawar mobil bekas adalah menanyakan kelengkapan suratnya dan tak terkecuali adalah bagaimana pajaknya, apakah berlubang atau lunas pajak. 

6. Pilih Pusat Pembelian Mobil Bekas

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengunjungi pusat penjualan mobil bekas seperti carandtech.com. Pasalnya, kendaraan yang dijual pastinya sudah melalui proses pengecekan dan dijual dengan harga pasarannya tentunya. Anda tidak perlu repot lagi untuk mengecek setiap sudut kendaraannya. Mudah bukan?

Itulah beberapa tips untuk membeli kendaraan bekas khususnya mobil. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan mobil impian Anda. Tetap aman berkendara ya

Baca juga :  Rekomendasi Processor Audio Mobil Yang Akan Membuatmu Enjoy di Jalanan

Kemungkinan yang kedua adalah apabila pihak penjual memang karena alasan tertentu ingin segera menjual kendaraannya. Untuk alasan yang satu bisa berarti Anda beruntung untuk mendapatkan kendaraan yang baik namun dengan harga yang murah. Oleh karena itulah jangan terburu-buru.

Leave a Comment