Tips

Biaya Balik Nama Mobil, Inilah Cara dan Syaratnya!

Membeli mobil second atau mobil bekas seringkali menjadi pilihan karena harga mobil baru yang umumnya masih diatas 100 juta rupiah. Selain mencari kendaraan roda empat bekas yang masih baik kualitas dan kenyamanannya, Anda juga tidak boleh melupakan kelengkapan surat kendaraan baru setelahnya Anda bisa balik nama. Berikut ini ada informasi mengenai biaya balik nama mobil.

biaya balik nama mobil

Untuk biaya balik nama mobil juga dipengaruhi oleh harga mobil bekas tersebut. Untuk balik nama kendaraan roda empat yang harganya dibawah 30 juta pasti akan berbeda dengan biaya balik nama kendaraan roda empat di kisaran harga 70 jutaan. Oleh karena itulah, seringkali kendaraan roda empat murah tidak kalah laris karena lebih murah untuk mengurus balik namanya.

Untuk wilayah DKI Jakarta, perkiraan biaya yang harus Anda bayar adalah sebagai berikut:

1. Biaya BBN-KB

Untuk wilayah Jakarta, biaya yang dibebankan untuk proses balik nama kepada pemilik mobil bekas adalah sebesar 1% dari harga beli mobil tersebut atau ⅔ dari jumlah PKB

2. Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi

Biaya yanh selanjutnya harus Anda bayar adalah untuk penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi. Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri, biaya yang harus Anda bayarkan adalah sebesar Rp925.000 dimana biaya tersebut sudah termasuk STNK Rp200.000, TNKB Rp100.000, BKPB Rp375.000, juga surat mutasi Rp250.000.

3. SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Berdasarkan kebijakan pemerintah, biaya SWDKLLJ yang perlu Anda bayarkan adalah sebesar Rp143.000 untuk kendaraan non-angkutan umum

Baca juga :  Harga Mobil Bekas Avanza Yang Masih Powerfull Digunakan Hingga Sekarang

4. Biaya Lain

Untuk biaya lain yang harus Anda bayarkan adalah biaya pendaftaran untuk mengurus surat-surat diatas di Samsat tempat Anda mengurus. Biaya pendaftarannya bervariasi sesuai kebijakan tiap Samsat, namun kurang lebih Anda harus Rp75.000-100.000.

Setelah memahami biaya untuk mengurus balik nama diatas, selanjutnya Anda harus menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk prosesnya. Berikut persyaratannya:

  1. Fotokopi KTP Anda sebagai pemilik baru dari mobil itu
  2. BPKB asli mobil yang juga disertai dengan salinan fotokopi
  3. STNK asli mobil yang juga disertai salinan fotokopi
  4. Kuitansi atau nota jual beli mobil bekas bermaterai Rp6.000 serta tanda tangan asli kedua belah pihak yang juga disertai salinannfotokopi kuitansi
  5. Hasil cek fisik mobil, Anda bisa melakukan cek fisik di Samsat bersamaan dengan langkah mengurus balik nama

Setelah Anda mempersiapkan persyaratan diatas, berikut langkah yang harus Anda lakukan:

1. Cek fisik kendaraan

Langkah pertama Anda yang harus Anda lakukan adalah dengan memenuhi syarat terakhir mengurus balik nama mobil adalah dengan melakukan cek fisik kendaraan. Anda hanya perlu datang ke Samsat dengan lupa membawa persyaratan lainnya diatas. Di Samsat, Anda hanya perlu mendaftar kemudian petugas akan meminta kendaraan Anda masuk dan menggesek nomor rangka serta nomor mesin, dan menggosok stiker khusus yang ditempelkan.

2. Isi formulir

Setelah selesai, Anda akan mendapat formulir dari petugas. Isi formulir tersebut dengan data pada STNK. Anda akan diarahkan kembali ke loket;

3. Menunggu panggilan

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu nama yang tertera di STNK awal dipanggil. Jangan lupa siapkan berkas persyaratan lainnya, kemudian Anda akan diarahkan ke pemberkasan di gedung kantor utama Samsat atau ruang lain yang dikhususkan.

Baca juga :  Tips Setting Audio Mobil Supaya Suara Lebih Mantap

4. Serahkan persyaratannya

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyertakan persyaratan dan bukti cek fisik, STNK asli dan fotokopi, fotokopi BPKB, fotokopi KTP Anda selaku pemilik baru, dan kuitansi pendaftaran ke petugas Samsat.

Setelah proses selesai, ambil seluruh berkas yang sudah dicek. Selanjutnya berikan berkas ke loket khusus yang diminta. Tunggu nama Anda selaku pemilik baru kendaraan kemudian panggil dan ambil kembali berkas. Nantinya Anda akan mendapat tagihan.

5. Bayar tagihan

Langkah terakhir, Anda harus kembali ke loket pertama atau yang diminta, kemudian bayar tagihan biaya balik nama mobil yang tertera. Selanjutnya Anda harus menunggu sampai STNK mobil dengan nama Anda akan diserahkan. Umumnya Anda harus menunggu setidaknya hingga 5 hari kerja.

Itulah beberapa informasi mengenai biaya balik nama mobil serta persyaratan dan bagaimana cara mengurusnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Add Comment

Leave a Comment