Tips

Cara Bayar Pajak Mobil Online dengan Aplikasi SALMONAS

Di masa pandemi ini, kita dituntut untuk menjauh dari kerumunan, walaupun terpaksa keluar kita harus memenuhi protokol kesehatan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah termasuk dalam pembayaran pajak mobil. Kini anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kerumunan yang biasanya terjadi di kantor SAMSAT karena ada cara bayar pajak mobil online yang bisa anda lakukan dari rumah masing – masing. 

bayar pajak mobil online

Layanan jaringan yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor ini dinamakan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal) Online Nasional (SALMONAS). SALMONAS adalah sebuah layanan jaringan yang dibuat oleh Tim Pembina Samsat Nasional yang sistemnya telah disesuaikan dengan peraturan perundang – undangan di Indonesia. 

Selain membayar pajak kendaraan bermotor, dengan SALMONAS anda juga bisa melakukan pembayaran SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi Samsat Online yang bisa anda unduh gratis di Play Store untuk Android atau App Store untuk IOS. 

Peringatan penting untuk anda yang ingin membayar pajak online, SALMONAS hanya melayani perpanjangan STNK yang mengalami keterlambatan dalam pembayaran yang tidak lebih dari satu tahun. Jadi, ketika anda telah mengalami keterlambatan pembayaran lebih satu tahun, anda harus datang ke kantor Samsat lebih dulu. 

Setelah memahami sedikit uraian di atas, langsung saja kita ke topik utama yaitu cara bayar pajak mobil online. Berikut ini adalah uraiannya.

1. Unduh Aplikasi Samsat Online

Untuk mengunduh aplikasi Samsat online, anda bisa pergi ke Play Store atau App Store. Tenang saja, ukuran aplikasi ini cukup kecil dan tidak akan menghabiskan kuota mu atau membuat penyimpanan penuh. 

Baca juga :  Rekomendasi Processor Audio Mobil Yang Akan Membuatmu Enjoy di Jalanan

2. Melakukan Pendaftaran Lewat Aplikasi 

Setelah aplikasi terunduh dan terinstal di smartphone anda, selanjutnya tinggal melakukan pendaftaran. Saat pendaftaran anda akan diminta untuk memasukan nomor polisi, NIK, dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, setelah itu klik request kode bayar. Selanjutnya anda akan mendapatkan kode pembayaran elektronik atau dalam aplikasi disebut SKKP Elektronik.

3. Melakukan Pembayaran 

Gunakan kode yang didapatkan tadi untuk melakukan pembayaran. Anda bisa pergi ke beberapa cabang bank seperti BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan Permata Bank. Selain itu, anda juga bisa melakukan pembayaran melalui e-commerce yang tersedia di Tokopedia dan Buka Lapak.

4. Mendapatkan e – TBKB Online 

E – TBKB akan dikirimkan secara online melalui email yang anda masukan saat pendaftaran tadi. 

5. TBKB dan Stiker dikirimkan secara Offline Oleh Petugas

Dengan SALMONAS Online, anda juga tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat untuk mendapatkan TBKS dan stiker nya karena petugas akan mengirimkannya dari kantor langsung ke rumah pemohon. Durasi pengiriman ini bisa memakan waktu maksimal 7 hari. 

Namun, jika ternyata anda ingin segera menggunakan TBKB untuk keperluan mendesak dan tidak bisa menunggu hingga batas waktu pengiriman, anda bisa datang langsung ke Kantor Samsat untuk melakukan konfirmasi. 

Seperti itulah cara membayar pajak mobil online yang bisa anda lakukan di masa pandemi seperti ini. Hanya dengan satu aplikasi yaitu SALMONAS Online, anda sudah bisa melakukan pembayaran pajak mobil. Tentu, hal tersebut membuat hidup kita menjadi lebih praktis karena tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat untuk sekedar melakukan pembayaran. 

Di aplikasi SALMONAS juga telah diberikan menu yang lengkap untuk memudahkan pengguna memantau info pajak kendaraan bermotornya seperti info pajak, pindah bukti, pengaduan, info proses, dan E-TBPKB (bukti pelunasan)

Baca juga :  Parameter Spesifikasi Kaca Film Mobil yang Harus di Perhatikan Sebelum Membeli

Antusiasme warga dengan aplikasi SALMONAS online ini terbilang cukup tinggi meskipun beberapa warga diantaranya ada yang masih belum mengetahuinya atau belum bisa memanfaatkan teknologi ini. 

Untuk menambah antusiasme masyarakat supaya semua warga bisa beralih ke sistem pembayaran pajak online, kini jika anda menggunakan aplikasi SALMONAS untuk membayar pajak kendaraan bermotor, anda akan dibebaskan dari denda telat pajak loh. Kepolisian telah membebaskan denda untuk keterlambatan bayar pajak mulai dari bulan Agustus hingga Oktober. Ayo tunggu apa lagi, segera bayar pajak kendaraan bermotor anda secara online.

Leave a Comment